Langsung ke konten utama

Benua Etam Kalimantan Timur

Kalimantan timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya terutama batu bara, minyak, dan kelapa sawit. Beberapa perusahaan besar bermukin di Kalimantan Timur seperti KPC, PT. Badak LNG, Chevron, dan Total. Disisi lain Kalimantan Timur juga merupakan provinsi yang sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Istimewanya Kalimantan Timur ini juga menyediakan Beasiswa Kaltim Cemerlang atau yang disebut dengan BKC. Mayoritas penduduk Kalimantan Timur adalah pendatang dari sabang sampai merauke. Bahkan, kebanyakan yang mendiami wilayah disana adalah masyarakat dari jawa, banjar, dan bugis. Kemanakah penduduk asli Kalimantan Timur ? penduduk asli Kalimantan Timur sebenarnya masih tetap berada disana, suku asli Kalimantan Timur disebut dengan Suku Dayak. Suku Dayak ini beragam lagi jenisnya seperti dayak kenyah, dayak abal, dayak bakumpai, dayak benuaq, dayak bentian dan masih banyak lagi kelompok-kelompok suku dayak lainnya. Kebanyakan suku dayak ini masih belum membaur dengan masyarakat modern oleh karena itu, keberadaan mereka kurang terekspos media massa. Orang-orang suku dayak asli mayoritas mendiami daerah pedalaman dan perbatasan, sedangkan yang sudah modern atau campuran hidup seperti masyarakat biasa. Biasanya jika suatu daerah lebih dominan dihuni oleh pendatang akan terjadi keributan, namun di Kalimantan Timur ini masyrakatnya saling toleransi dan membaur satu sama lain.
Budaya disana juga masih terasa seperti pada saat hari-hari penting diadakan perayaan, salah satunya adalah festival erau. Erau sendiri adalah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Festival Erau ini diartikan sebagai upacara penobatan raja atau untuk pemberian gelar dari Raja kepada tokoh atau pemuka masyarakat, seiring perkembangannya Erau pun dijadikan pula sebagai sarana hiburan untuk masyarakat karena diadakan juga perlombaan seperti lomba mengulur naga yang diikuti oleh masyarakat setempat.
Kalimantan timur juga memiliki makanan khas daerah yaitu amplang, makanan ini merupakan cemilan yang dapat anda temukan dimana saja, bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Amplang bahkan sudah sampai di ekspor keluar negeri, biasanya cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu adapula sanggar, yang satu ini terbuat dari pisang jenis sanggar dan tepung beras. Ada lagi makanan yang sangat enak dan tentunya saat ini sudah jarang ditemukan, yaitu payau. Payau adalah makanan khas Kaltim yang berupa daging rusa, payau mempunyai tekstur yang lembut daripada daging sapi.
Tidak semua provinsi memiliki keunikan yang dimiliki oleh Kaltim. Hal yang terkenal dari Kaltim adalah Sungai Mahakam yang merupakan sungai terlebar di Indonesia layaknya lautan Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini menjadi peranan penting dalam kehidupan masyrakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi. Uniknya sungai ini dihuni oleh spesies mamalia air tawar yang terancam punah, yaitu pesut mahakam. Diatas Sungai Mahakam juga dibangun jembatan yang menghubungkan samarinda kota dengan samarinda seberang, yakni Jembatan Mahakam. Apalagi saat ini sedang dalam tahap pembangunan jembatan kembar. Tak hanya itu saja, adapula masjid yang masuk kategori bangunan masjid termegah se-asia yaitu Masjid Islamic Center. Bangunan masjid ini dirancang oleh arsitektur dari luar negeri.
Jika anda semua penasaran dengan Kalimantan Timur, silahkan travelling ke Kaltim. Tidak semahal anda travelling ke luar negeri. Disisi lain kita akan menambah wawasan dan juga menambah rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Wakaf dari Buku PAI..

1. Arti wakaf secara bahasa adalah.. a. Menjaga d. Do‟a b. Bersih / suci e. sedekah c. Menahan 2. “Menahan suatu benda dan membebaskan / mengalirkan manfaatnya” kalimat tersebut adalah pengertian wakaf secara. … . a. Bahasa b. Ulama c. Qiyas d. Ijma‟ ulama e. Syar‟i 3. Wakaf disebut sedekah jariah karena... a. Pahalanya paling besar b. Ada manfaatyna bagi orang lain c. Pahala wakaf itu akan mengalir terus ke orang yang berwakaf d. Wakif akan disenangi masyarakat e. Hikmah wakaf dapat menghilangkan kesenjangan social 4. Berikt ini termasuk rukum wakaf, kecuali.. a. Orang yang mewakafkan b. Orang yang menerima wakaf c. Wali d. Barang yang diwafkan e. Sigat / ikrar wakaf 5. Berikut ini Syarat wakaf   kecuali... a. Harta wakaf harus diserahkan selama lamaya b. Harta wakaf tidak boleh ditarik kembali oleh ahli warisya c. Harta wakaf boleh digunaan utuk kepentingan yag lain dari tujuan orang yang memberi wakaf asalkan untuk kep

Laporan Praktikum Pembuatan Sabun Batangan

Laporan Praktikum Kimia Pembuatan Sabun Batangan Disusun Oleh : Dea Prinastithi Dewi Ghina Zulfatunnisa M. Fajrian Nur Idrus M. Aqil Maulana Tristania Kusumawardhani Zhangswe Ariandina Putri XI MIPA 4 SMAN 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015 I.                    Dasar Teori : Sabun adalah garam alkali dari asam-asam lemak yang merupakan keperluan penting di dalam rumah tangga sebagai alat pembersih dan pencuci. Kandungan zat-zat sabun juga bervariasi sesuai dengan sifat dan jenis sabun. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basah. Pembuat kondisi basa yang biasanya digunakan adalah NaOH dan KOH. Asam lemak yang berikatan dengan natrium atau kalium inilah yang dinamakan sabun. Sabun berdasarkan jenis dan fungsi yaitu transparant soap, castile soap, deodorant soap, acnes soap, cosmetic soap, superfatted soap, oatmeal soap,

Kimia (MONOGLISERIDA) Aciyeee :D

MONOGLISERIDA Monogliserida merupakan istilah untuk gliserida dimana satu molekul gliserol telah membentuk satu ikatan ester dengan satu molekul asid lemak . Istilah rasmi digunakan dalam kelaziman moden untuk monogliserida adalah monoasilgliserol .   Monoasilgliserol ini boleh membentuk sama ada 1-monoasilgliserol atau 2-monoasilgliserol, bergantung kepada kedudukan ikatan ester dalam moieti gliserol ini. Monoasilgliserol boleh dihasilkan dengan pelbagai cara dengan menggunakan proses kimia perindustrian atau secara biologi. Secara biokimianya, ia biasanya terbentuk sama ada melalui hidrolisis ber enzim asid lemak daripada diasilgliserol melalui tindak balas diasilgliserol lipase atau sebagai perantaraan dalam pengasilan gliserol untuk membentuk lemak.   Monoasilgliserol (monogliserida) dikenal luas sebagai emulsifier pada industri pangan, farmasi, dan kosmetik. Monogliserida dapat diproduksi dari minyak salah satunya minyak sawit . Emulsifier hampir seluruhnya me