Langsung ke konten utama

Happy Natural Weekend With COFFEE

Ini adalah tugas pasca liburan semester 2,yang saya kerjakan bersama 2 orang teman saya,yakni Sherly Indriana X Mipa-H dan Saarah Khairunnisa X Mipa-G.

Weekend Bersama COFFEE

Weekend merupakan salah satu hal yang ditunggu tunggu oleh banyak orang. Banyak hal menyenangkan yang dapat kita lakukan saat weekend, mulai dari tour ke luar kota, shopping bersama sahabat, atau kita juga dapat melakukan wisata kuliner.
Namun, bagi sebagian orang, terutama bagi kami para pelajar yang tinggal di asrama, mengisi weekend dengan hal-hal tersebut kurang memungkinkan, mengingat keadaan ekonomi dan sarana yang  kami punya sangatlah terbatas. Oleh karena itu, kami sebisa mungkin mengisi weekend dengan kegiatan yang tak banyak mengeluarkan biaya dan tentunya menghasilkan manfaat. Salah satunya adalah dengan  belajar bahasa inggris.
Bahasa inggris sering disebut-sebut sebagai universal language atau bahasa dunia. Hal tersebut dikarenakan penduduk di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris sebagai media dalam berkomunikasi. Sehingga kita semua, terutama bagi generasi muda, mengemban kewajiban untuk paham dan mengerti bahasa inggris agar nantinya dapat bersaing dengan negara-negara maju yang ada di dunia. Namun, terkadang kewajiban itu menjadi sulit untuk dijalani, dikarenakan banyak hal seperti keadaan perekonomian keluarga yang kurang mampu untuk membayar biaya sekolah dan les.
Pada akhir pekan lalu, kami menghabiskan waktu untuk belajar bahasa inggris melalui kegiatan  English Camp yang diselenggarakan oleh Coffee Samarinda (Community of Fun Easy English) di Kompleks STAIN Samarinda. Kami mengetahui kegiatan English Camp tersebut dari brosur yang di tempel pada mading sekolah kami. Berhubung saat itu di sekolah sedang tidak ada kegiatan belajar mengajar, hanya ada kegiatan classmeeting, kami pun memutuskan untuk mengikuti kegiatan English camp tersebut.
Kegiatan English Camp ini di mulai  pada tanggal 21 juni 2014 pukul 15.00 WITA dan berakhir pada 22 Juni 2014 pukul 16.30 WITA. Meskipun peserta kegiatan ini terbilang sedikit, namun hal itu tak menyurutkan semangat belajar para peserta dan juga anggota Coffee sendiri.
Selama kegiatan berlangsung, semua peserta diwajibkan untuk menggunakan bahasa inggris. Awalnya, para peserta memang terlihat bingung dan malu untuk berbicara dalam bahasa inggris. Namun, perlahan tapi pasti, para peserta mulai merasa nyaman dalam bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa inggris.
Selain para peserta menjadi lebih nyaman dalam bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa inggris, peserta Camp English ini juga mendapatkan banyak manfaat lainnya, diantaranya adalah bertambahnya wawasan mengenai bahasa inggris, mendapatkan teman baru, serta mendapatkan berbagai pengalaman-pengalaman baru yang tentunya tak akan mereka dapatkan di tempat lain.
Banyak hal yang dilakukan para peserta dalam kegiatan English Camp ini. Semua kegiatan tersusun sangat rapi dan pastinya sangat mengasyikkan. Kegiatan yang pertama kali kami lakukan adalah pembukaan acara. Acara dibuka dengan  sambutan-sambutan dari ketua panitia dan ketua organisasi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan perkenalan diri dengan menggunakan bahasa inggris. Tak seperti biasanya, acara perkenalan diri itu juga diikuti dengan berbagi cerita tentang pegalaman dalam berbahasa inggris.
Setelah acara perkenalan itu selesai, kami dipersilahkan untuk istirahat. Waktu istirahat itu pun kami gunakan untuk melaksanakan solat Maghrib dan juga mandi. Namun, untuk mendapatkan air di sekitar camp tak semudah yang kami bayangkan. Ternyata, untuk mendapatkan air, kami harus berjalan menuju masjid yang jaraknya cukup jauh dari camp yang kami tempati.
Usai sholat maghrib, kami semua dikumpulkan di aula untuk melaksanakan makan malam bersama. Makanannya memang biasa saja, namun kebersamaan saat makan membuat semuanya terasa lebih nikmat. Setelah selesai makan malam, semua yang ada disana mengikuti salah seorang panitia menuju ke tanah lapang yang berada tak jauh dari camp kami.
Di tanah lapang, kami membuat sebuah lingkaran yang ditengahnya terdapat api unggun sebagai alat penerangan dan pengahangat tubuh dari angin malam yang cukup dingin pada saat itu. Di dalam lingkaran itu, kami bermain game ‘a wirewolf and the villagers’ yang tentunya masih menggunakan bahasa inggris. Dalam bermain game tersebut, kami semua dituntut untuk tetap fokus dalam mendengar dan melihat intruksi dari kakak-kakak anggota Coffee.
Setelah game itu berakhir, kami pun kembali menuju camp. Sesampainya di camp, kami kembali harus masuk ke dalam aula untuk mendapatkan pengajaran berupa kosakata dan tata bahasa inggris yang belum pernah kami ketahui sebelumnya. Meskipun saat itu hari telah larut, namun tak membuat semangat belajar kami luntur begitu saja.
Keesokan harinya, kami dibangunkan pada pukul 05.00 WITA untuk melaksanakan sholat subuh dan bersih diri. Setelah solat subuh, kami berkumpul di lapangan voli untuk senam kecil-kecilan, dan dilanjutkan dengan bermain ‘Tom and Jerry’. Kemudian, kami  kembali masuk ke dalam aula untuk sarapan pagi bersama.
Setelah sarapan, kami kembali di bawa menuju lapangan voli, dan disana kami bermain permainan yang sangat mengasah otak dan kecepatan. Dalam permainan tersebut kami harus secepat mungkin untuk menemukan petunjuk yang telah disebar. Petunjuk tersebut  berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai berbagai hal, yang berkaitan dengan dunia internasional maupun nasional.
Pertanyaan tersebut diberikan dalam bahasa inggris dan tentu saja kami harus menjawabnya dengan bahasa inggris juga. Kemudian apabila kami menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, kami  akan diberi pion yang terdapat sejumlah angka dibaliknya. Angka tersebut nantinya digunakan untuk membeli petunjuk baru sehingga kita dapat menjawab pertanyaan berikutnya.
Setelah permainan usai, kami kembali dikumpulkan di dalam aula. Namun, kali ini kami kedatangan seorang tamu istimewa. Seseorang yang berkewarganegaraan asing (bule), namanya Mr. John, salah satu guru bahasa inggris di SMP Bunga Bangsa.
Mr. John berbagi cerita tentang pengalaman hidupnya selama di Amerika, dan juga memberikan berbagai informasi-informasi yang tak pernah kami ketahui sebelumnya, seperti sistem pendidikan di Amerika, bagaimana mempelajari bahasa inggris dengan mudah, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga diperbolehkan untuk bertanya mengenai berbagai hal kepadanya, sehingga kami terpacu dan termotivasi untuk mempelajari bahasa inggris lebih dalam lagi.
Setelah pertemuan dengan Mr. John, kami dipersilahkan untuk melaksanakn sholat Dzuhur yang dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah makan siang telah dilaksanakan, panitia mengadakan berbagai perlombaan. Perlombaan yang diselenggarakan antara lain, yaitu:
1.       Spelling Bee
Spelling bee adalah sebuah kompetisi dimana para peserta harus dapat mengeja huruf-huruf pada kata bahasa inggris yang diucapkan oleh panitia. Hal ini terdengar mudah, namun tak semudah yang kami bayangkan. Pada perlombaan ini, kami diharuskan memasang telinga dengan baik, apabila tertinggal satu huruf saja, kmi pun akan dinyatakan gugur dalam perlombaan tersebut.
2.       Story telling
Story telling adalah kompetisi dimana para peserta harus menceritakan sebuah cerita baik berupa fabel, legenda, dan lain sebagainya dengan menggunakan bahasa inggris. Durasi penampilan ditentukan panitia maksimal selama  7 menit. Dalam bercerita, peserta diharuskan menampilkannya dengan penghayatan dan mimik muka yang menceritakan keadaan tokoh tersebut, serta menceritakannya dengan semenarik mungkin, sehingga para penonton tertarik untuk menyimak cerita yang dipaparkan pembaca.
3.       Battle of brain
Battle of brain atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan cerdas cermat ini adalah sebuah kompetisi dimana terdapat berbagai macam soal yang berkaitan dengan artis, sains, teknologi, film, dan juga hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia.
Setiap peserta diperbolehkan mengikuti semua perlombaan. Setelah perlombaan selesai, acara terakhir yaitu penutup dan sekaligus pengumuman pemenang-pemenang dari masing-masing lomba. Semua peserta yang juara mendapatkan medali dan sertifikat, dan mereka sangat bahagia termasuk kami. Dan tiba saatnya berpisah dengan panitia-panitia dan para peserta yang lain. Kami sangat begitu akrab dengan peserta yang lain meskipun kami hanya kenal satu malam. Tetapi kebersamaan serasa seperti satu minggu,dan kebersamaan itu sangat kami rasakan.Merupakan sebuah momen yang tidak terlupakan.
                Inilah kegiatan yang sangat bermanfaat yang sederhana yang bisa kami lakukan. Daripada hanya tidur di rumah, main game online, jalan ke pusat perbelanjaan, itu semua menghabiskan banyak biaya dan membuang waktu dengan percuma,oleh sebab itu kita mencoba sesuatu yang baru. Dengan kegiatan inilah kami mendapatkan wawasan baru, teman baru dan yang terutama mempelajari bahasa inggris dan pengucapannya.
                Alangkah baiknya apabila lebih banyak lagi diadakan English camp yang dapat diikuti semua umur, sehingga semua orang juga memiliki kesempatan yang sama dalam mempelajari bahasa inggris. Karena bahasa inggris sangat bermanfaat bagi kehidupan kita yang dapat kita rasakan manfaatnya meskipun hanya melakukan kegiatan sederhana yaitu camp.
               

Camp peserta putri
                                            
Foto bersama dengan Mr. John

foto dengan salah satu peserta English Camp
bermain Tom and Jerry



Find the Words

Bonfire on Satnight





Selfiee sehabis Lomba,I got it Medallion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Wakaf dari Buku PAI..

1. Arti wakaf secara bahasa adalah.. a. Menjaga d. Do‟a b. Bersih / suci e. sedekah c. Menahan 2. “Menahan suatu benda dan membebaskan / mengalirkan manfaatnya” kalimat tersebut adalah pengertian wakaf secara. … . a. Bahasa b. Ulama c. Qiyas d. Ijma‟ ulama e. Syar‟i 3. Wakaf disebut sedekah jariah karena... a. Pahalanya paling besar b. Ada manfaatyna bagi orang lain c. Pahala wakaf itu akan mengalir terus ke orang yang berwakaf d. Wakif akan disenangi masyarakat e. Hikmah wakaf dapat menghilangkan kesenjangan social 4. Berikt ini termasuk rukum wakaf, kecuali.. a. Orang yang mewakafkan b. Orang yang menerima wakaf c. Wali d. Barang yang diwafkan e. Sigat / ikrar wakaf 5. Berikut ini Syarat wakaf   kecuali... a. Harta wakaf harus diserahkan selama lamaya b. Harta wakaf tidak boleh ditarik kembali oleh ahli warisya c. Harta wakaf boleh digunaan utuk kepentingan yag lain dari tujuan orang yang memberi wakaf asalkan untuk kep

Laporan Praktikum Pembuatan Sabun Batangan

Laporan Praktikum Kimia Pembuatan Sabun Batangan Disusun Oleh : Dea Prinastithi Dewi Ghina Zulfatunnisa M. Fajrian Nur Idrus M. Aqil Maulana Tristania Kusumawardhani Zhangswe Ariandina Putri XI MIPA 4 SMAN 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015 I.                    Dasar Teori : Sabun adalah garam alkali dari asam-asam lemak yang merupakan keperluan penting di dalam rumah tangga sebagai alat pembersih dan pencuci. Kandungan zat-zat sabun juga bervariasi sesuai dengan sifat dan jenis sabun. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basah. Pembuat kondisi basa yang biasanya digunakan adalah NaOH dan KOH. Asam lemak yang berikatan dengan natrium atau kalium inilah yang dinamakan sabun. Sabun berdasarkan jenis dan fungsi yaitu transparant soap, castile soap, deodorant soap, acnes soap, cosmetic soap, superfatted soap, oatmeal soap,

Kimia (MONOGLISERIDA) Aciyeee :D

MONOGLISERIDA Monogliserida merupakan istilah untuk gliserida dimana satu molekul gliserol telah membentuk satu ikatan ester dengan satu molekul asid lemak . Istilah rasmi digunakan dalam kelaziman moden untuk monogliserida adalah monoasilgliserol .   Monoasilgliserol ini boleh membentuk sama ada 1-monoasilgliserol atau 2-monoasilgliserol, bergantung kepada kedudukan ikatan ester dalam moieti gliserol ini. Monoasilgliserol boleh dihasilkan dengan pelbagai cara dengan menggunakan proses kimia perindustrian atau secara biologi. Secara biokimianya, ia biasanya terbentuk sama ada melalui hidrolisis ber enzim asid lemak daripada diasilgliserol melalui tindak balas diasilgliserol lipase atau sebagai perantaraan dalam pengasilan gliserol untuk membentuk lemak.   Monoasilgliserol (monogliserida) dikenal luas sebagai emulsifier pada industri pangan, farmasi, dan kosmetik. Monogliserida dapat diproduksi dari minyak salah satunya minyak sawit . Emulsifier hampir seluruhnya me