Langsung ke konten utama
                            LIBURAN SEDERHANA ALA Saya
Assalamualaikum ya akhi,ya ukhti  kali ini saya akan menceritakan secara singkat kegiatan saya selama bulan romadhon tahun ini.Teman-teman IB kali ini terasa lebih berbeda ya bagi anak asrama seperti saya, karena kali ini kami IB-nya 1 bulan penuh.Mulai dari tanggal 25 juni hingga tanggal 3 agustus.Wah liburan yang lumayan panjang juga ya,cukup puas untuk melepas rindu bersama keluarga di rumah.Apa saja yang saya lakukan disaat liburan bulan puasa ? Apa saja pelajaran dari liburan yang bisa saya ambil ? Yuk,kita simak

Di hari pertama menginjak bulan romadhon.Saya sangat bersemangat karenanya saya masih bisa bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini.Bangun pagi,membersihkan rumah,menjaga adik saya yang masih bayi,membeli bahan makanan untuk berbuka,membantu masak,dan banyak sekali hal-hal yang saya lakukan di bulan puasa dengan beraktifitas layaknya ibu rumah tangga.Akan tetapi,bukan berarti saya akan married ya setelah lulus SMA.Hanya saja saya rindu akan membantu ibu pekerjaan rumah.Dan juga karena saya seorang wanita oleh sebab itu,saya harus bisa melakukan pekerjaan rumah ditambah lagi saya anak sulung dari 4 bersaudara.Memang saya sangat ingin pergi liburan ke luar kota seperti ke jawa,atau ke jogja.Sebab,di daerah rumah saya ini merupakan kawasan pedesaan yang bisa dibilang desa yang masih terbelakang sektor pembangunan ekonominya,sebut saja Bengalon.Di bengalon ini tidak ada yang namanya mall,taman wisata,ataupun arena hiburan untuk anak-anak.Bayangkan saja,betapa tidak bosan menghabiskan liburan yang panjang hanya dengan berada di rumah.Itulah yang kadang saya rasakan teman-teman.Sehingga,mau tidak mau kebosanan saya itu diubah menjadi aktifitas ekstra bersih-bersih.
Karena dari pihak sekolah kami diberi izin liburan sebulan penuh.Ini sangat berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya.Mereka ternyata tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Apalagi,bulan juli merupakan tahun ajaran baru bagi peserta didik.Sekolah luar melangsungkan pembelajaran selama 1 minggu.Kebetulan ibu seorang guru SD di sekolahnya,jadi ketika ibu pergi ke sekolah.Saya bertugas mengasuh adik yang masih 1 tahun dirumah bersama Ayah selama seminggu.Kedua adik saya Vienda bersekolah di Sangatta,dan Nadia berada di Jawa.Begitulah yang saya lakukan ,karena juga jarang pulang ke rumah jadi saya merasa senang masih bisa membantu orang tua.
Di belakang rumah saya masih berupa kawasan hutan. Jadi,masih asri dan banyak pohon buah-buahan.Kebetulan liburan kali ini sedang musim buah rambutan,dan buah durian.Wah saya senang sekali,rambutannya banyak merah-merah dan manis-manis,buah duriannya pun sedappp karena langsung masak dari pohonnya tidak pake dipetik.Bersyukurnya saya karena Allah memberikan banyak  kenikmatan selama bulan berkah ini.
Disaat malam harinya,setelah berbuka puasa.Saya bersama adik pergi melaksanakan sholat tarawih di musholla dekat rumah,terkadang pula hijrah ke beberapa masjid.Setelah tarawih saya tadarus Al-Qur’an,memang target saya yang harusnya menyelesaikan 30 juz belum terlaksana karena kendala berhalangan.Akan tetapi,Alhamdullilah 10 juz sudah saya selesaikan.Saat Sahur saya tidak langsung tidur,akan tetapi saya menonton acara sahurnya ramadhan di salah satu stasiun Tv.Saat adzan shubuh berkumandang saya mengambil wudhu dan sholat,dilanjutkan lagi membaca Al-Qur’an dan barulah saya tidur.Setelah itu bangun jam 8 pagi dan kembali ke aktifitas menjaga adik dan mebersihkan rumah.Oh ya,ayah punya banyak peliharaan seperti ayam,angsa,ikan mas,ikan patin,ikan lele,dan juga menanam sayur-sayuran.Biasanya setiap sore ayah memberi makan hewan peliharaannya tersebut.Dan saya pun biasanya ikut memberi makan ikan yang ada di kolam.Senang sekali memberi makan mereka,hanya dengan melemparkan makanan ke kolam maka ikan-ikan akan bermunculan untuk menangkap makanannya.Banyak sekali dan sudah besar ikan peliharaan ayah.
H-7 lebaran saya,ayah,ibu,dan adik menyusul adik yang bersekolah di sangatta.Sekalian juga,belanja jajanan untuk hari raya nanti.Sangatta itu sendiri merupakan Kabupatennya Kutai Timur.Memang disana tidak seramai samarinda,tapi lebih baik dari bengalon pembangunannya.Setelah elesai dari Sangatta,kami pun pulang kembali ke bengalon.
Hari raya semakin dekat,banyak orang sudah belanja membeli baju,makanan,apalagi Bank sangat ramai dengan antrian panjang karena banyak orang akan menukar uang untuk angpau lebaran.Kebetulan saat itu saya juga ikut mengantri untuk menukar uang.
Ketika malam takbir,di bengalon ini sangat meriah dengan kerlap-kerlipnya kembang api di langit malam.Juga gema takbir dari berbagai sudut desa,uniknya jika malam takbir di bengalon ini ada lomba keliling menghias replika masjid dan mengumandangkan takbir.
Begitulah teman-teman apa yang saya lakukan selama bulan romadhon.Memang keluarga tidak mudik.Akan tetapi liburan kali ini,membuat saya menjadi lebih bertanggung jawab dan tidak bermalas-malasan karena puasa.Juga saya bahagia dan puas melepas rindu bersama keluarga di rumah.Inilah liburan sederhana ala saya.Semoga liburan semester depan lebih indah.Sekian Wassalamualaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Wakaf dari Buku PAI..

1. Arti wakaf secara bahasa adalah.. a. Menjaga d. Do‟a b. Bersih / suci e. sedekah c. Menahan 2. “Menahan suatu benda dan membebaskan / mengalirkan manfaatnya” kalimat tersebut adalah pengertian wakaf secara. … . a. Bahasa b. Ulama c. Qiyas d. Ijma‟ ulama e. Syar‟i 3. Wakaf disebut sedekah jariah karena... a. Pahalanya paling besar b. Ada manfaatyna bagi orang lain c. Pahala wakaf itu akan mengalir terus ke orang yang berwakaf d. Wakif akan disenangi masyarakat e. Hikmah wakaf dapat menghilangkan kesenjangan social 4. Berikt ini termasuk rukum wakaf, kecuali.. a. Orang yang mewakafkan b. Orang yang menerima wakaf c. Wali d. Barang yang diwafkan e. Sigat / ikrar wakaf 5. Berikut ini Syarat wakaf   kecuali... a. Harta wakaf harus diserahkan selama lamaya b. Harta wakaf tidak boleh ditarik kembali oleh ahli warisya c. Harta wakaf boleh digunaan utuk kepentingan yag lain dari tujuan orang yang memberi wakaf asalkan untuk kep

Laporan Praktikum Pembuatan Sabun Batangan

Laporan Praktikum Kimia Pembuatan Sabun Batangan Disusun Oleh : Dea Prinastithi Dewi Ghina Zulfatunnisa M. Fajrian Nur Idrus M. Aqil Maulana Tristania Kusumawardhani Zhangswe Ariandina Putri XI MIPA 4 SMAN 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015 I.                    Dasar Teori : Sabun adalah garam alkali dari asam-asam lemak yang merupakan keperluan penting di dalam rumah tangga sebagai alat pembersih dan pencuci. Kandungan zat-zat sabun juga bervariasi sesuai dengan sifat dan jenis sabun. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basah. Pembuat kondisi basa yang biasanya digunakan adalah NaOH dan KOH. Asam lemak yang berikatan dengan natrium atau kalium inilah yang dinamakan sabun. Sabun berdasarkan jenis dan fungsi yaitu transparant soap, castile soap, deodorant soap, acnes soap, cosmetic soap, superfatted soap, oatmeal soap,

Kimia (MONOGLISERIDA) Aciyeee :D

MONOGLISERIDA Monogliserida merupakan istilah untuk gliserida dimana satu molekul gliserol telah membentuk satu ikatan ester dengan satu molekul asid lemak . Istilah rasmi digunakan dalam kelaziman moden untuk monogliserida adalah monoasilgliserol .   Monoasilgliserol ini boleh membentuk sama ada 1-monoasilgliserol atau 2-monoasilgliserol, bergantung kepada kedudukan ikatan ester dalam moieti gliserol ini. Monoasilgliserol boleh dihasilkan dengan pelbagai cara dengan menggunakan proses kimia perindustrian atau secara biologi. Secara biokimianya, ia biasanya terbentuk sama ada melalui hidrolisis ber enzim asid lemak daripada diasilgliserol melalui tindak balas diasilgliserol lipase atau sebagai perantaraan dalam pengasilan gliserol untuk membentuk lemak.   Monoasilgliserol (monogliserida) dikenal luas sebagai emulsifier pada industri pangan, farmasi, dan kosmetik. Monogliserida dapat diproduksi dari minyak salah satunya minyak sawit . Emulsifier hampir seluruhnya me