Langsung ke konten utama

Asal Nulis :D



MEDIA KOMUNIKASI YANG ‘’MHS’’ 
(Mudah,Hemat,Sederhana)
    Mendengar kata media komunikasi tentunya akan terlintas dalam benak fikiran kita.Tentang apa yang dimaksud dengan media komunikasi,seperti apakah bentuk-bentuk dari media komunikasi,manfaatnya dan perkembangannya itu sendiri.Ya seperti itulah pertanyaan-pertanyaan seputar media komunikasi yang sering muncul.Seperti yang kita ketahui sendiri komunikasi memiliki beragam media seperti televisi,handphone,radio,internet,koran,bahkan gadget yang sedang mem-booming-boomingnya di dunia saat ini.Dengan media-media seperti itulah yang dapat membuat kita semakin berfikiran luas untuk mengakses berita-berita terkini dan terbaru yang mampu memberikan wawasan luas dan informasi yang tak terjangkau sampai ke belahan dunia manapun.
       Belum lagi di zaman globalisasi ini tentunya banyak sekali produk-produk media komunikasi yang memberikan layanan plus-plus kepada penggunanya.Kita ambil contoh saja,misalnya handphone dan gadget yang semakin menjamur di kalangan masyarakat kita yang mampu menghipnotis dunia untuk melupakan sejenak akan media komunikasi yang sudah dipakai oleh pendahulu-pendahulunya.Beberapa media komunikasi yang hampir luntur di gunakan oleh masyarakat kita seperti koran,radio dan surat.Saat ini banyak masyarakat indonesia yang kurang daya minatnya dalam membaca koran,dulu banyak orang yang berlanggannan koran.Tapi sekarang luar binasa teknologi kita.Koran serasa seperti sia-sia,tentu saja.Bagaimana tidak koran kan terbuat dari kertas,bayangkan saja harus berapa pohon yang ditebang untuk membuat kertas-kertas bermanfaat itu.Tapi,jika tidak ada sedikitpun orang yang mau membacanya,layaknya uang yang dihamburkan tetapi tidak ada yang memungutnya.RUGI !!!
     Coba anda perhatikan,koran itu memang terbilang ribet karena membacanya harus dibolak-balik tapi koran itu sebenarnya asyik.Kita tidak perlu mengisi ulang atau mengecas koran layaknya handphone,koran bisa dinikmati kapanpun.Seperti saya kemarin,ketika IP saya sempatkan untuk membeli koran,karena saya sadar anak asrama terbatas akan informasi berita-berita dan lain sebagainya,cukup bersedekah Rp.2000 saja saya sudah mendapatkan beragam informasi,sampai ada seseorang yang memperhatikan dengan tatapan lain kepada saya disaat sedang membaca koran di mall.Mungkin dia berfikir ‘’ mengapa anak ini baca koran,ribet.Kenapa tidak pakai handphone,gak gaul anak ini kali ya’’.Jika dia bertanya seperti itu saya tentunya dengan lantang menjawab ‘’Zaman dulu indonesia kita merdeka diumuminnya dari mana,kalau bukan koran,surat,dan radio,lagian koran itu simple tidak perlu banyak pulsa untuk mengaksesnya’’.Kemudian radio sekalipun yang mungkin dianggapnya terlalu rumit karena terkadang adanya signal yang buruk dari frekuensi radio tersebut.Bahkan pernah suatu ketika saya sedang mendengarkan radio,seseorang bertanya kepada saya ‘’memangnya masih zaman hari gini dengarin radio ?’’.Tentunya saya menjawab dengan kata yang singkat ‘’radio itu hemat’’.
    Sebelumnya hobi saya memang mendengarkan radio,bahkan saluran radio yang tidak tersedia pun saya dengarkan karena menurut saya,radio itu menyimpan sejuta manfaat bagi para pendengar dan mengapa saya mengatakan hemat ? jawabannya karena radio tidak membuang biaya apapun,kita bisa mengaksesnya dengan cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.                                                                                                                                                    Radio menyediakan informasi berita,musik,celoteh,motivasi,hiburan,iklan.Bahkan,di radio ada jadwal pertemuan para pejabat untuk memusyawarahkan masalah yang sedang populer di kalangan masyarakat kita.Begitu banyak manfaat dari radio yang kurang disadari oleh masyarakat kita.Kemudian surat,sangking canggihnya zaman abad 21 ini,kantor-kantor pos pun serasa basi,atau tidak laku lagi.Karena adanya layanan dari handphone yang menyediakan internet untuk memudahkan mengirim kabar melalui e-mail yang mampu memberikan layanan kirim mengirim dengan cepat sampai jangkauan yang tidak terbatas dan tidak ribet juga tentunya menghemat waktu.Padahal surat itu masih merajai dan dihargai sekali di segala instansi-instansi atau sekolah dan perusahaan,mengapa ? contoh kecilnya saja ketika kita sakit,tidak bisa mengikuti pelajaran,tentunya kita harus membuat surat yang ditujukan pada guru di sekolah.Tidak logis apabila kita membuat suratnya diketik dan dikirim dengan  e-mail.Tentulah mana ada guru yang mau,jelas itu menyalahi aturan etika.Cara logisnya kita menulisnya boleh dengan tangan,atau diketik dan diberikan berupa lembaran yang dilipat dengan rapi dan diberi baju (amplop) indah bukan kedengarannya ? tentu saja ya.
    Dari sini kita dapat melihat bahwa peranan media komunikasi seperti koran,radio dan surat itu penting sekali tidak dapat dimusnahkan.Budayakan membaca bukan hanya sekedar buku.Koran pun bisa.Mendengarkan tidak harus update video dari youtube atau mendownload tapi radio mampu membuat anda jadi pendengar setianya,Dan surat dia mampu untuk tidak membatasi kuota kabar anda dan kalimat per kalimat dari huruf-huruf yang akan anda kabarkan.
     Jadi intinya,manfaatkan media komunikasi yang memberikan efek dan peran plus-plus juga dan tidak membuat anda pusing untuk mengaksesnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Soal Wakaf dari Buku PAI..

1. Arti wakaf secara bahasa adalah.. a. Menjaga d. Do‟a b. Bersih / suci e. sedekah c. Menahan 2. “Menahan suatu benda dan membebaskan / mengalirkan manfaatnya” kalimat tersebut adalah pengertian wakaf secara. … . a. Bahasa b. Ulama c. Qiyas d. Ijma‟ ulama e. Syar‟i 3. Wakaf disebut sedekah jariah karena... a. Pahalanya paling besar b. Ada manfaatyna bagi orang lain c. Pahala wakaf itu akan mengalir terus ke orang yang berwakaf d. Wakif akan disenangi masyarakat e. Hikmah wakaf dapat menghilangkan kesenjangan social 4. Berikt ini termasuk rukum wakaf, kecuali.. a. Orang yang mewakafkan b. Orang yang menerima wakaf c. Wali d. Barang yang diwafkan e. Sigat / ikrar wakaf 5. Berikut ini Syarat wakaf   kecuali... a. Harta wakaf harus diserahkan selama lamaya b. Harta wakaf tidak boleh ditarik kembali oleh ahli warisya c. Harta wakaf boleh digunaan utuk kepentingan yag lain dari tujuan orang yang memberi wakaf asalkan untuk kep

Laporan Praktikum Pembuatan Sabun Batangan

Laporan Praktikum Kimia Pembuatan Sabun Batangan Disusun Oleh : Dea Prinastithi Dewi Ghina Zulfatunnisa M. Fajrian Nur Idrus M. Aqil Maulana Tristania Kusumawardhani Zhangswe Ariandina Putri XI MIPA 4 SMAN 10 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015 I.                    Dasar Teori : Sabun adalah garam alkali dari asam-asam lemak yang merupakan keperluan penting di dalam rumah tangga sebagai alat pembersih dan pencuci. Kandungan zat-zat sabun juga bervariasi sesuai dengan sifat dan jenis sabun. Sabun dihasilkan oleh proses saponifikasi, yaitu hidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol dalam kondisi basah. Pembuat kondisi basa yang biasanya digunakan adalah NaOH dan KOH. Asam lemak yang berikatan dengan natrium atau kalium inilah yang dinamakan sabun. Sabun berdasarkan jenis dan fungsi yaitu transparant soap, castile soap, deodorant soap, acnes soap, cosmetic soap, superfatted soap, oatmeal soap,

Kimia (MONOGLISERIDA) Aciyeee :D

MONOGLISERIDA Monogliserida merupakan istilah untuk gliserida dimana satu molekul gliserol telah membentuk satu ikatan ester dengan satu molekul asid lemak . Istilah rasmi digunakan dalam kelaziman moden untuk monogliserida adalah monoasilgliserol .   Monoasilgliserol ini boleh membentuk sama ada 1-monoasilgliserol atau 2-monoasilgliserol, bergantung kepada kedudukan ikatan ester dalam moieti gliserol ini. Monoasilgliserol boleh dihasilkan dengan pelbagai cara dengan menggunakan proses kimia perindustrian atau secara biologi. Secara biokimianya, ia biasanya terbentuk sama ada melalui hidrolisis ber enzim asid lemak daripada diasilgliserol melalui tindak balas diasilgliserol lipase atau sebagai perantaraan dalam pengasilan gliserol untuk membentuk lemak.   Monoasilgliserol (monogliserida) dikenal luas sebagai emulsifier pada industri pangan, farmasi, dan kosmetik. Monogliserida dapat diproduksi dari minyak salah satunya minyak sawit . Emulsifier hampir seluruhnya me